Activities

Inilah rangkuman aktivitas yang pernah dilakukan oleh Peace Generation. Untuk detail tiap kegiatan dapat dilihat di kategori aktivitas.

Aktivitas Peace Generation

  1. Diskusi dan sharing rutin anggota, sembari ngopi di berbagai tempat tongkrongan di Yogyakarta. Tema-tema terbaru ihwal perdamaian dan konflik menjadi  topik yang pasti tidak dilewatkan.
  2. Pemutaran film yang berhubungan dengan perdamaian dan konflik
  3. Mengikuti workshop Active Non Violancedi Pnomp Penh, Kamboja pada bulan Maret 2003.
  4. Pelatihan Fasilitator. Acaranya ini bertujuan untuk memberikan skill fasilitasi kepada panitia Student Camp for Peace. Acara ini sendiri dilakukan pada bulan Mei 2003.
  5. Student Camp for Peace, 7-11 Mei 2003
  6. Ngamen di sekitaran Boulevard UGM di hari Minggu untuk mencari dana Student Fair. Kegiatan ini dilakukan pada bulan Mei-Agustus 2003.
  7. Pembuatan poster anti kekerasan sebagai respon terhadap budaya kekerasan dalam inisiasi kampus/ospek. Poster ini ditempelkan di beberapa kampus di Jogja pada masa ospek tahun 2003.
  8. Mengikuti Youth Camp di Korea Selatan. Peace Generation mengirimkan dua orang anggotanya untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.
  9. Bekerjasama dengan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian berpartisipasi dalam “Gadjah Mada Expo” pada bulan September 2003 di UGM.
  10. Bekerjasama dengan USC Satu Nama mengadakan Training for Trainers: “Manajemen Organisasi dan Peace Education”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23-25 Januari 2004.
  11. Bekerjasama dengan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian dan didukung oleh UNICEF dalam “Goat Goes to School”, ekspresi kasih sayang siswa pada guru. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2004
  12. Kampanye rekonstruksi hubungan damai guru-siswa “my teacher and me” diSMU 3, SMU 8 dan SMU 11 Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan rangkaian Goat Goes to School dan dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2004.
  13. Sekolah Minggu. Kegiatan ini melibatkan teman-teman SMU di Jogja dan dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2004. Ada empat topik yang ditawarkan dalam sekolah minggu: Aku dan Teman Dekat, Mengenal Stereotyping, Aku dan Keluarga: Stereotyping dalam keluarga, Laki-Laki Vs Perempuan: Preferensi Gender dalam Kehidupan Sosial.
  14. Pelatihan Fasilitator Jilid 2. pelatihan ini bertujuan untuk meng-up grade kemampuan fasilitasi panitia Peace Camp: Peace in Our Neighbourhood.
  15. Peace Camp: Peace in our Neighbourhood. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23-27 Januari 2005 di Wanagama. Peserta Peace Camp adalah mahasiswa tahun pertama dan kedua dari seluruh Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang keberagaman yang ada di Indonesia.
  16. Pameran Karya Perdamaian. Kegiatan ini dilaksanakan pada Februari 2006 dengan pelajar SMU sebagai pesertanya. Pada kegiatan ini dipamerkan karya-karya perdamaian yang memperlihatkan perbedaan dan konflik di lingkungan pelajar SMA.
  17. Peace Generation bekerjasama dengan Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian membuka tiga dari sepuluh titik posko gempa yang ada di Bantul dan Klaten. Program bernama Ayo Sinau karo Dolanan (ASKADOL) bertujuan memulihkan trauma anak-anak korban gempa melalui program trauma healing.
  18. Ceria Bersama Peace Generation (CERPEN) dilaksanakan padaJuli 2006 di Taman Kyiai Langgeng, Magelang. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak korban gempa dari tiga daerah di Bantul dan Klaten.
  19. Selangkah Anak Menuju Perdamaian (SEMAI). Dilaksanakan pada Bulan Agustus 2006 di Kids Fun Park, Yogyakarta. Kegiatan ini mengundang anak-anak dari sepuluh titik dari program ASKADOL.
  20. Pameran Karya Anak Korban Gempa, di Sriharjo, Imogiri dilaksanakan pada Agustus 2006. Kegiatan ini menampilkan karya-karya anak sekolah dasar di daerah Sriharjo, Imogiri- salah satu wilayah gempa.
  21. Fun Bike for Charity dilaksanakan pada Agustus 2006 di Rumah Apung, Rawa Jombor, Klaten. Kegiatan ini megajak siswa sekolah dasar dari Desa Dengkeng dan Pacing, Klaten untuk bersepeda bersama menuju Rawa Jombor. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menggalang persahabatan dan perdamaian antara siswa-siswa dari dua desa yang terkena dampak gempa bumi.
  22. Natural Reflection September 2006 diadakan di Bali. Pada acara ini Peace Generation merencanakan strategic planning Peace Generation ke depan.
  23. Mengikuti International Youth Summit di Thailand pada September 2006. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan LSM perdamaian dari seluruh negara di ASEAN. Pada kesempatan ini, Peace Generation sendiri adalah salah satu nara sumber yang dijadikan rekomendasi bagi pengelolaan program perdamaian.
  24. Pelatihan Fasilitator Jilid 3. Pelatihan ini dilakukan untuk membekali para anggota Peace Generation yang akan menjadi fasilitator pada kegiatan Feeling Peace in Our School.
  25. Feeling Peace in Our School dilaksanakan 13-17 Januari 2007 di Omah Jawi, Yogyakarta. Para peserta adalah pelajar dari seluruh SMA di DIY dan Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan budaya perdamaian di SMU.
  26. Stiker Perdamaian merupakan bentuk kampanye perdamaian yang dilaksanakan oleh alumni program Feeling Peace in Our School. Dengan mendistribusikan 1000 stiker yang mengangkat tema perdamaian, Peace Generation ingin menyebarkan pesan-pesan perdamaian ke seluruh pelajar SMU se-DIY dan Jawa Tengah.
  27. Mengirimkan perwakilan ke International Conference of Gross National Happiness di Thailand, 16-30 November 2007.
  28. Jogja Peace Amazing Race, 21-25 Januari 2008. Merupakan perjalanan mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia untuk berkeliling ke 9 tempat di Jogja yang memiliki nilai perdamaian selama sehari penuh. Selanjutnya mereka berkumpul selama 4 hari untuk membahas apa yang telah mereka peroleh.
  29. Pengiriman delegasi ke International Youth Forum, Juni 2008, di Bandung, Jawa Barat.
  30. Launching Buku “Pelangi Damai di Sudut Jogja”, Agustus 2008.
  31. Kampanye Hari Perdamaian Internasional, 21 September 2008.
  32. Aksi “1000 Pesan Damai untuk Gaza“, 10 Januari 2009.
  33. Aksi Bersih Pantai, 18 Januari 2009.
  34. Peace Goes to School, 10 Mei 2009.
  35. Peace Camp, “Peace Adventura“, 20-24 Mei 2009.
  36. dan lain-lain.

One Response to Activities

  1. […] Peace Camp merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh komunitas Peace Generation. Tema Peace Camp kita kali ini adalah “Berdamai dengan Caramu”. Pada acara Peace Camp ini teman-teman akan diajak untuk belajar bersama mengenai tema-tema perdamaian yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Dengan metode kegiatan yang menyenangkan, narasumber yang asyik, fasilitas yang terjamin, tentunya acara ini akan sangat menyenangkan. Kesemuanya dapat teman-teman dapatkan secara gratis. Peace Camp kali ini adalah yang kali ke-7 dilakukan. Untuk mengetahui Peace Camp terdahulu, silakan membuka halaman aktivitas. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: